Once you go mac, you’ll never come backungkapan bahasa Inggris bagi pengguna baru komputer buatan Apple (Macbook/Macbook Pro/Macbook Air/iMac). Sekali menggunakan mac, Anda tak akan berpaling kembali ke komputer yang lain.

Saya membeli sebuah laptop Macbook White sejak tahun 2008 di salah satu authorized seller di Bandung dan sampai sekarang tulisan ini dibuat pun masih menggunakan Macbook ini.

Macbook White

Berikut 6 alasan saya lebih menyukai Macbook dibanding dengan Windows:

1. User Interface

Tampilan antar muka (interface) dari Mac sangat keren, smooth (halus) dan teratur. Saya sangat suka dengan tampilan operating system bernama OS X ini. Ada fitur dock, spotlight, iTunes, expose & space, time machine dll. Beda banget dengan Operating System (OS) Windows yang sebelumnya sering dipakai.

2. Aman

Aman yang saya maksud di sini adalah aman dari virus komputer. Sebelum saya membeli Mac, saya sudah dibombardir dengan propaganda bahwa komputer Macbook adalah bebas virus. Itu menjadi salah satu alasan saya membeli Macbook.

Setelah saya membeli Macbook, barulah saya tahu yang sebenarnya. Ternyata kompoter Mac tidaklah bebas virus seperti yang digembar-gemborkan. Tetap ada virus bagi pengguna OS X, tapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding komputer berbasis Windows. Yang jelas, sudah 8 tahun pakai Macbook ini saya tidak pernah bermasalah dengan namanya virus komputer, entah hasil kunjungan website berbahaya maupun hasil dari “colok-mencolok” flash disk.

3. Penampilan

Ya, penampilan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipungkiri jika kita memiliki produk Apple. Coba saja lihat berapa banyak film, sinetron atau iklan yang menggunakan Macbook di dalamnya. Terlihat lebih keren, cool dan bergengsi. Hehehe…

4. Harga Murah

Mahal atau murah adalah relatif. Untuk mengatakan harga suatu barang murah perlu dibandingkan dengan barang lain yang sejenis alias harus apples to apples 🙂 Silakan bandingkan sendiri harga Macbook Pro terbaru saat ini dengan komputer merek lain yang memiliki spesifikasi sejenis.

Harga sebuah komputer Apple menurut banyak orang adalah mahal. Tapi sebenarnya jika dibandingkan dengan komputer OS lain yang spesifikasinya sejenis, Macbook sebenarnya relatif lebih murah. Sebab pembelian Macbook pasti disertai dengan OS X beserta banyak aplikasi yang pastinya gratis included di dalam Mac. Sedangkan di komputer merek lain, Anda harus membeli dulu OS-nya karena dari pabrik hanya menjual hardware untuk kemudian di-bundling dengan OS Windows.

Dulu sebelum saya membeli Macbook ini pun saya browsing untuk membandingkan dengan produk sejenis dari merk lain. Setelah membandingkan beberapa merk, saya pikir memang dari sisi hardware komputer Mac relatif lebih murah.

5. Tahan Lama

Sejak dibeli tahun 2008 sampai dengan 2016 ini (8 tahun), Macbook ini masih bertahan kuat dan dipakai normal seperti saat dulu pertama kali dibeli. Hanya 2 kali sempat diservis, sekali di tahun ke-3 karena (mungkin) lembab akibat tidak sengaja kehujanan saat pulang kantor – itu pun gratis karena masih garansi – dan terakhir di tahun ke-7 karena beberapa huruf di keyboard tidak bisa untuk mengetik.

Untuk memperlancar kinerja, saya meng-upgrade sendiri RAM dari yang tadinya 2 Gb (1 Gb x 2) menjadi 4 Gb (2 Gb x 2) dari kapasitas maksimal 6 Gb.

6. Kompatibel dengan Microsoft Office

Bagi mereka yang sudah sangat terbiasa dengan produk Microsoft, di Macbook juga dapat diinstall program-program seperti Words, Excell, Powerpoint. Bahkan jika mau, OS Windows dapat diinstall juga berdampingan dengan OS X.

Courtessy of macdrug.com

Courtessy of macdrug.com

Namun demikian setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan Macbook, saya mengalami beberapa kesulitan, yaitu:

1. Pembiasaan Baru

Membiasakan diri menggunakan barang baru (OS baru) memakan waktu. Bagi yang suka komputer dan punya banyak waktu senggang tentu akan cepat membiasakan diri dengan OS X. Saya sendiri dengan bantuan “mbah” Google, hasil googling sana-sini, kurang lebih 3 minggu saya dapat memahami cara pengoperasian Macbook dengan segala aplikasinya.

2. Tidak untuk 

Bagi yang suka utak-atik gawai (gadget) baik rooting, jailbreak dan sejenisnya, Macbook tidak dapat digunakan untuk membantu. Dulu saya sering upgrade OS Blackberry, namun para developer OS lebih banyak menggunakan aplikasi berekstensi .exe alias aplikasi Windows-based. Jadi saya harus pinjam komputer lain. Demikian juga untuk Android, petunjuk rooting di Macbook adalah hal yang sulit ditemui di google karena lagi-lagi developer menggunakan aplikasi Windows-based.

Jadi, sudah siap menabung untuk membeli Macbook pro? 😀

 

 

 

Categories: Blog

aRief

Financial Planning Enthusiast, Trader, Investor, Interested in Copywriting, Trying Best Effort to be Online Marketer, Owner of Sekolah Lare Alit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Blog

Tes Sidik Jari STIFIN – (Bagian 1)

Dulu saya pernah mendengar yang namanya Tes Sidik Jari STIFIN. Tapi terus terang saya waktu itu tidak mengerti apa manfaatnya dan bagaimana cara kerjanya. Setahun lalu (2016) kebetulan istri saya ikut tes sidik jari ini Read more…

Blog

Bisnisku: Grosir Coklat Kiloan Bandung Harga Murah

Mau mencari coklat kiloan di Bandung dengan harga grosir? Atau menjadi reseller/dropshipper cokelat? Hubungi saja 0877 1234 1000! Kami menyediakan berbagai macam cokelat Delfi, Lagie dan Silverqueen. Merek terkenal seperti Delfi Chacha, Lagie Choco ball, Read more…

Blog

4 Keuntungan Memiliki Nomor Cantik

Kita semua sudah tahu mengenai nomor cantik, yaitu nomor seluler (handphone) yang memiliki deretan angka-angka bagus yang mudah dihafal atau memiliki nilai rasa tersendiri bagi pemiliknya. Nomor yang mudah dihafal misalnya nomor dengan sederet angka-angka Read more…

Arief