Tahukah Anda bagaimana sebenarnya cara kerja google yang hanya dalam sekian detik, mampu menampilkan ribuan bahkan jutaan halaman situs yang sesuai dengan kata yang Anda cari?

Bagaimana juga cara kerja google dalam menentukan halaman situs mana yang menjadi urutan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya di halaman pencarian?

Jika dianalogikan, mesin pencari sebagai buku yang sangat tebal dengan indeks yang sangat baik dan akurat. Saat Anda mengetikkan kata di halaman pencarian, google memeriksa indeks mereka untuk menyajikan hasil yang paling relevan dengan kata yang Anda cari.

Cara Kerja Google

3 Kunci Cara Kerja Google

Berikut ini adalah 3 kunci cara kerja google yang perlu Anda ketahui :

1. Merayapi (Crawl)

Googlebot merayapi situs baru Anda mulai dari halaman depan atau beranda, kemudian mendeteksi tautan link yang terdapat di halaman beranda situs, seperti tautan link yang terdapat pada menu, widget, footer dan isi konten untuk dimasukkan ke dalam daftar URL yang akan dirayapi kemudian.

Anda perlu memberitahu google bila Anda memiliki situs baru dengan mendaftarkannya ke google webmaster tools agar google segera memerintahkan googlebot untuk merayapi situs baru Anda kemudian memasukkannya ke dalam indeks database mereka.

Tanpa didaftarkan, situs baru Anda juga akan dirayapi google, hanya saja google memerlukan waktu yang lama untuk menemukannya.

Selain situs baru, googlebot juga merayapi halaman baru atau halaman yang telah diperbaharui dari situs-situs lama yang sudah terdaftar untuk memperbahurui indeks database mereka.

Untuk memudahkan cara kerja google dalam merayapi seluruh halaman situs Anda, buatlah sitemap (peta situs) dan kirimkan ke google webmaster tools.

2. Mengindeks

Dari hasil perayapan, googlebot memasukkan semua kata yang ditemuinya lengkap dengan lokasi kata-kata tersebut pada setiap halaman ke dalam database mereka dengan menyusun indeks yang sangat baik.

Hasil indeks inilah yang nantinya akan menjadi salah satu faktor penentu peringkat situs di halaman pencarian. Situs dengan tingkat relevansi terbaik yang akan menempati urutan teratas halaman pencarian google.

Untuk konten berupa gambar, Anda perlu menambahkan atribut ALT dan menuliskan deskripsi singkat gambar tersebut disana, karena google tidak dapat memproses konten multimedia, google membaca gambar melalui atribut ALT yang Anda buat.

3. Menampilkan Hasil

Saat user menuliskan kata kunci di halaman pencarian, google melihat indeks database mereka untuk mencari halaman situs yang paling relevan dengan kata yang ditulis user untuk kemudian ditampilkan di halaman pencarian.

Relevansi ditentukan lebih dari 200 faktor yang tidak semuanya diungkap google, diantaranya adalah tingkat relevansi dari judul, deskripsi, URL dan isi konten halaman tersebut.

Agar situs Anda mendapatkan peringkat yang baik di halaman pencarian google, Anda perlu memastikan google dapat merayapi dan mengindeks dengan baik situs Anda.

 

Sumber: http://hot.yukbisnis.com/cara-kerja-google/

Categories: Blog

aRief

Financial Planning Enthusiast, Trader, Investor, Interested in Copywriting, Trying Best Effort to be Online Marketer, Owner of Sekolah Lare Alit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Blog

Tes Sidik Jari STIFIN – (Bagian 1)

Dulu saya pernah mendengar yang namanya Tes Sidik Jari STIFIN. Tapi terus terang saya waktu itu tidak mengerti apa manfaatnya dan bagaimana cara kerjanya. Setahun lalu (2016) kebetulan istri saya ikut tes sidik jari ini Read more…

Blog

Bisnisku: Grosir Coklat Kiloan Bandung Harga Murah

Mau mencari coklat kiloan di Bandung dengan harga grosir? Atau menjadi reseller/dropshipper cokelat? Hubungi saja 0877 1234 1000! Kami menyediakan berbagai macam cokelat Delfi, Lagie dan Silverqueen. Merek terkenal seperti Delfi Chacha, Lagie Choco ball, Read more…

Blog

4 Keuntungan Memiliki Nomor Cantik

Kita semua sudah tahu mengenai nomor cantik, yaitu nomor seluler (handphone) yang memiliki deretan angka-angka bagus yang mudah dihafal atau memiliki nilai rasa tersendiri bagi pemiliknya. Nomor yang mudah dihafal misalnya nomor dengan sederet angka-angka Read more…

Arief