SD Darul Hikam Dago – Bandung

Kali ini saya mau berbagi mengenai sekolah SD Darul Hikam di mana saya menyekolahkan kedua anak saya. Perlu diperhatikan bahwa Darul Hikam memiliki program nasional dan internasional (primary) di mana perbedaannya terletak pada kurikulumnya. Jika yang nasional menggunakan kurikulum pemerintah, sementara primary menggunakan gabungan kurikulum pemerintah dan Cambridge. Kedua anak saya saya sekolahkan di program nasional dan saya akan menceritakan sedikit mengenai kelas nasionalnya.

SD Darul Hikam
SD Darul Hikam

Lokasi

SD Darul Hikam berlokasi di daerah Dago Atas tepatnya di Jl. Ir. H. Djuanda No. 285 Bandung. Persis di pinggir jalan dengan masjid Al-Ihsan sebagai patokannya. Ada juga yang berlokasi di Rancaekek.

Biaya Sekolah

Untuk uang pangkal sekolah tahun ajaran 2015-2016 antara Rp. 17-19 jutaan, tergantung gelombang pendaftaran. Jika mendaftar pada gelombang pertama tentu makin murah dibanding mendaftar pada gelombang terakhir. SD Darul Hikam tiap tahun menyelenggarakan 3 gelombang pendaftaran, namun pada gelombang ke-dua biasanya sudah ditutup karena kuota sudah mencukupi.

Biaya sekolah per-bulan untuk angkatan 2015 sekitar Rp. 800.000, termasuk snack+makan siang, outing dan ekstrakurikuler. Selain itu tersedia fasilitas angkutan antar-jemput bagi murid dengan biaya tergantung jarak.

Seragam dan buku tidak termasuk dalam uang bulanan. Seragam dapat dibeli di toko milik koperasi Darul Hikam sementara buku dapat dibeli sendiri di luar sekolah namun pihak sekolah juga menyediakan.

Biaya uang pangkal dan uang bulanan mengalami kenaikan sekitar 12-15% tiap tahun.

Sistem Pembelajaran

Sejak tahun 2013, SD Darul Hikam termasuk salah satu sekolah yang menjadi pilot project menggunakan kurikulum 2013. Sehingga pada saat tulisan ini dibuat, seluruh kelas sudah menggunakan kurikulum 2013 ini.

Selain kurukulum pemerintah, Darul Hikam memiliki kurikulum sendiri yang disebut “Kurikulum Khas Darul Hikam” yaitu TCB (Taqwa Character Building) yang menitikberatkan pada pembentukan akhlak dan karakter yang baik. Pembiasaan salat berjamaah, membaca Quran, hafalan hadits-hadits dan doa-doa merupakan bagian dari kurikulum khas ini.

Satu angkatan sekitar 80-100 murid, dibagi ke dalam empat kelas. Tiap kelas memiliki dua orang guru yaitu wali kelas dan guru pendamping.

Mulai tahun 2015 SD Darul Hikam mulai menggunakan Edmodo sebagai aplikasi online learning. Para guru dapat membuat tugas untuk memperkaya pelajaran dan murid-murid dapat mengerjakannya secara daring (online) melalui aplikasi edmodo di komputer maupun gawai (gadget) yang menggunakan sistem operasi android ataupun iOS (apple).

Fasilitas

SD Darul Hikam memiliki dua gedung yaitu gedung 1 dan gedung 2. Gedung 1 untuk murid kelas 1 sampai dengan kelas 3 dan gedung 2 untuk murid kelas 4 sampai dengan 6. Tiap gedung berlantai 3. Tiap kelas memiliki proyektor. Ruang kelas tidak dilengkapi AC, namun dikondisikan agar kegiatan belajar-mengajar tetap lancar dan nyaman.

Pihak sekolah tidak membolehkan murid-murid untuk jajan di luar pagar sekolah, untuk itu disediakan kantin bagi para murid yang ingin membeli makanan ringan. Lagi pula telah disiapkan snack dan makan siang bagi murid yang sudah termasuk biaya sekolah bulanan.

Keterbatasan ruang parkir merupakan masalah tersendiri bagi Darul Hikam. Tiap jam masuk/pulang sekolah dapat dipastikan terjadi kepadatan lalu lintas di jalan depan sekolah. Bagi pengendara motor dapat parkir ke dalam wilayah sekolah, namun mobil hanya dapat parkir di pinggir jalan.

Perlu diperhatikan bahwa di depan sekolah merupakan wilayah dilarang parkir oleh dinas perhubungan, oleh karena itu sering terjadi penggembokan ban bagi yang melanggar. Jika ingin mobil tidak digembok, harus parkir sedikit lebih jauh dari sekolah.

Jam Belajar

Jam belajar untuk kelas 1 dan 2 adalah mulai pukul 7.00 WIB sampai dengan 13.45 WIB. Sedangkan untuk kelas 3 sampai dengan kelas 6 yaitu mulai 7.00 WIB s.d. 14.30 WIB.

SD Darul Hikam
SD Darul Hikam

 

Ekstrakurikuler

Seperti SD swasta lainnya, SD Darul Hikam memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler bagi seluruh murid-muridnya. Di antaranya yaitu:

  • Taekwondo
  • Robotika
  • Drum Band/Marching Band
  • Pramuka
  • Pencak Silat
  • Futsal
  • Menggambar/Melukis
  • Broadcasting (mulai tahun ajaran 2016-2017)
  • dan lain-lain

Setiap siswa dapat memilih kegiatan ekstrakurikuler yang disukainya, bisa lebih dari satu kegiatan. Namun perlu diperhatikan juga fisik anak, sebab jika mengikuti lebih dari satu kegiatan tentu akan lebih banyak tenaga.

Biaya kegiatan ekstrakurikuler ini sudah termasuk dalam iuran sekolah bulanan, kecuali Broadcasting yang merupakan program baru.

Waktu kegiatan ekstrakurikuler ini dimulai setelah jam pelajaran sekolah dan berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Jadwalnya berbeda tiap ekskul, ada yang seminggu sekali dan ada yang seminggu 2 kali.

 

Demikian, nanti akan diupdate kembali.

Foto2: Darul Hikam

aRief

Financial Planning Enthusiast, Trader, Investor, Interested in Copywriting, Trying Best Effort to be Online Marketer, Owner of Sekolah Lare Alit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *