Tes Sidik Jari STIFIN – (Bagian 1)

Dulu saya pernah mendengar yang namanya Tes Sidik Jari STIFIN. Tapi terus terang saya waktu itu tidak mengerti apa manfaatnya dan bagaimana cara kerjanya.

Setahun lalu (2016) kebetulan istri saya ikut tes sidik jari ini karena kebetulan ada seorang kawannya yang bergiat di STIFIn yaitu Teh Esa Puspita. Berdasarkan hasil tes tersebut istri saya termasuk orang bertipe Intuiting introvert (Ii). Penasaran, saya pun ikut tes sidik jari STIFIN ini.

Cara mengetesnya cukup mudah. Kita hanya melakukan pemindaian (scanning) pada seluruh sidik jari tangan kita pada sebuah alat pemindai (scanner). Alat pemindai itu terhubung dengan sebuah program di komputer/laptop dan tidak berapa lama langsung diketahui hasilnya. Prosesnya tidak lebih dari 5 menit saja.

http://aksesoris-stifin.blogspot.co.id/
pemindai sidik jari

Dari hasil tes, saya mendapati bahwa saya termasuk golongan orang Ti alias Thinking Introvert.

Saya kira tes ini cukup luar biasa keakuratannya. Hasil tes ini relatif sama dengan hasil-hasil tes psikologi yang pernah saya ikuti sebelumnya sejak dari sekolah dulu. Bahkan tes STIFIN ini memberikan data lebih lengkap.

Tes sidik jari STIFIN ini memberikan gambaran mengenai diri kita, di antaranya yaitu profesi/pekerjaan terbaik untuk kita, pilihan sekolah/kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan, gaya belajar yang cocok, kelebihan dan kekurangan, apakah kita menggunakan otak kiri atau kanan, bahkan fisiologi tubuh kita pun dibahas di tes STIFIN ini.

Sebagai contoh akan saya berikan sekilas gambaran mengenai tipe Thinking introvert (Ti), yang dinukil dari buku Penjelasan Hasil Tes STIFIN:

a. Sistem Operasi Otak 

Orang dengan tipe kecerdasan Ti memiliki kepribadian berdasarkan kecerdasan logika yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya (introvert). Sistem operasi orang Ti berada di otak sebelah kiri. Lapisan otak sebelah kiri atas lebih tebal dibanding bagian otak lainnya, sehingga kerapatan sel-sel otak di bagian ini menjadi mesin operasi cara bekerja otaknya.

b. Tipologi Fisik

Orang Ti memiliki tulang besar ukuran badan volumenya lebih kecil dibanding tipe lainnya. Dengan volume badan yang kecil/ringan dan tulang yang kuat, seharusnya orang Ti mudah pergi ke mana-mana. Tapi karena energinya dihabiskan oleh otak maka mengakibatkan mereka malas bergerak.

c. Cara belajar

Pada umumnya orang tipe Ti tidak memiliki masalah dalam hal belajar. Secara lahiriah orang Ti sudah terbiasa menggunakan nalarnya untuk mendapatkan logika dari isi dari intisari bacaannya. Orang tipe Ti pada dasarnya suka berpikir, baik diminta maupun tidak. Ini menyebabkan orang Ti menjadi orang yang paling lahap membaca buku sekaligus orang yang penguasaanya paling tinggi di pelajaran.

d. Pilihan Sekolah/Profesi

Orang tipe Ti sebaiknya diarahkan pada salah satu pilihan industri ini yaitu riset dan teknologi, informasi teknologi, pertambangan, kosntruksi, kesehatan dan garmen. Kata kunci yang dapat dipertimbangkan bagi tipe Ti dalam memilih jurusan atau profes yaitu: menalar, tulang, mandiri dan mendalam. Maksudnya yaitu jurusan/profesi yang dipilih nanti didominasi unsur yang membutuhkan daya nalar, bisa juga profesi yang menggunakan mengandalkan tulang dalam arti sebenarnya (misal atlet balap sepeda, taekwondo, dll, memanfaatkan kemandiriannya dalam bekerja, serta bidang-bidang yang memerlukan spesialisasi dalam bekerja misalnya insinyur atau teknokrat.

http://cerdasbrain.blogspot.co.id

Data di atas merupakan sebagian dari gambaran seperti apa orang dengan tipe Thinking introvert. Masih ada tipe-tipe lain yang memiliki hasil yang berbeda.

Kata STIFIN diambil dari nama lima ragam kecerdasan yaitu Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Insting. Ditemukan oleh Farid Poniman, tes kecerdasan ini saya kira sangat membantu kita dalam menemukan jati diri kita sebenarnya.

aRief

Financial Planning Enthusiast, Trader, Investor, Interested in Copywriting, Trying Best Effort to be Online Marketer, Owner of Sekolah Lare Alit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *